Kembang api itu...

22.16
adsense 336x280
FIREWORKS!!!
Kembang api identik dengan cahaya warna-warninya. Tentu saja, kalau tidak berwarna, bukan kembang api namanya .
Kembang api biasanya dijadikan pertunjukan dalam acara-acara tertentu. Misalnya perayaan hari kemerdekaan dan tahun baru.
Pesta kembang api bukan sekedar pertunjukan. Tapi, pertunjukan spektakuler yang melibatkan para ahli dan produsen kembang api ternama, seperti perayaan 100 tahun Patung Liberty. Saat itu,tiga perusahaan kembang api ternama seperti : Zambelli Internationale, Inc., Grucci, Inc., dan Pyro Spectacular, Inc,. menunujukkan karya-karyanya.
Sebagian ahli kembang api mempelajari kembang api secara otodidak. Tapi, sebenarnya ada lho, sekolah khusus bidang ini. sekolah ini ada di Itali, Negara pemilik pabrik kembang api pertama dan Numberg, Jerman.
Jenis kembang api bermacam-macam, mulai dari mainan anak-anak sampai peluru perang militer. Jenis yang paling sederhana adalah petasan. Petasan lebih menonjol suara dibanding cahayanya. Ledakan petasan berasal dari bebatan kertas pembungkus yang pecah mendadak. Sedangkan kembang api peluru mengandung bahan peledak.
Kembang api tersusun dari arang, belerang, hidrokarbon padat, dan bahan yang mampu mengoksidasi (membakar). Percikan cahaya berasal dari arang. Tapi sekarang, arang bisa diganti dengan serpihan logam.
Sampai abad ke-19, warna-warna kembang api belum begitu baik. Kemudian dibuat kombinasi kalium klorat dan garam-garam logam, sehingga menghasilkan warna-warna indah.
Berikut adalah bahan dan warna yang dihasilkan dari bahan tersebut.
Kobalt dan litium : merah
Tembaga : biru
Nikel : hijau
Sodium : kuning
Magnesium, alumunium, dan titanium : putih

Meski kembang api sangat indah dan menarik, tapi kembang api juga berbahaya. Tidak jarang terjadi kecelakaan karena kembang api. Upaya pencegahan dan pengawasan akibat kembang api pun sudah dimulai sejak awal abad ke-19

ASAL MULA KEMBANG API
Kembang api pertama kali dikenalkan oleh bangsa Cina. Ternyata, awalnya berasal dari kecelakaan di dapur. Seorang ahli masak mencampur bubuk hitam, seperti arang, kalium nitrat, dan sulfur jadi satu. Nggak tahu tuh orang mau masak apa kok bahannya begituan. Campuran itu bisa menghasilkan nyala api. Prinsip tersebut dipakai juga dalam pembuatan roket yang digunakan untuk melawan Mongolia, 1279.
Bangsa Cina mulai memakainya dalam tiap perayaan, seperti : pernikahan, kemenangan perang, gerhana matahari, dan perayaan keagamaan. Bangsa Cina percaya, suara keras kembang api bisa mengusir roh jahat.
Pada abad ke-17, kembang api menyebar ke dunia barat sampai ke Arab. Bangsa Arab menyebutnya sebagai panah roket Cina. Dalam waktu singkat, kembang api populer sebagai hiburan yang mendunia. Saat ini, kembang api Eropa justru lebih maju dibandingkan Cina.
Pada abad ke 14 dan 15, hampir semua Negara mengenal kembang api dengan versinya sendiri-sendiri. Bahkan, menjadi favorit kerajaan inggris dalam setiap perayaan atau festival. Kembang api dikenal pertama kali di Inggris saat pernikahan Henry VII, 1486, lalu menjadi populer selama pemerintahan Ratu Elizabeth.

adsense 336x280

0 Response to "Kembang api itu..."

Posting Komentar