Dunia Bawah Tanah

23.28
adsense 336x280
DUNIA BAWAH TANAH

peradaban tidak hanya di permukaan, tapi ada juga yang dibawah tanah lho,
seperti :


Katakomba, Paris
Selain dikenal dengan kota yang romantis, paris ternyata juga ada kota bawah tanah orang mati...!
katakomba merupakan jaringan terowongan rumit yang terentang ratusan kilo di bawah jalanan paris. gak selamanya kota paris itu romantis, tapi plus menakutkan juga.
selama berabad-abad, warga Paris membaringkan warganya yang meninggal agar beristirahat di ceruk sempit yang dibuat menjorok ke dinding terowongan.
Walaupun katakomba sudah dijelajahi dan dipetakan, tapi belum ada yang tahu dengan pasti luas sebenarnya terowongan itu. Selama bertahun-tahun, puluhan penantang maut yang ceroboh telah memasuki terowonan, cuma untuk mati di labirin, dan jenazah mereka tidak pernah ditemukan.
ck, ck, ck...
kasihan sekali, mati secara mengenaskan di kota kematian. jadi intinya, kota Paris itu atasnya romantis, tapi bawahnya berhantu. bagus, bagus.. sesuatu deh kota itu.


Nekropolis Alexandria, Mesir
yang ini juga kota para orang mati. tapi berbeda dengan katakomba, nekropolis keberadaannya hampir terlupakan selama berabad-abad. pintu masuk kota kecil itu ditemukan oleh bocah laki-laki berusia tujuh tahun yang menggunakan berkilo-kilometer terowongan itu sebagai taman bermain pribadi seblum akhirnya membawa para arkeolog ke Nekropolis pada tahun 1998.
gila busyet tuh anak. baru tujuh tahun udah punya tempat bermain pribadi! kota kematian pula! nyalinya besar banget sih. apa gak takut ya main-main di sana? canggih ni anak.


Kota Kuna, Roma
Roma modern dibangun di atas reruntuhan para pendahulunya. sering kali, tanpa sepengetahuan orang disana, ruang penyimpanan bawah tanah dari banyak bangunan tertua kota itu bisa tembus ke kuil, istana, jalan-jalan kota kuno, dll. Selama perang dunia kedua, orang-orang yahudi berhasil menghindari Nazi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bersembunyi di kota yang terlupakan itu.
sembunyi sih sembunyi, tapi kan menakutkan juga kalau sembunyinya di kota mati kayak gitu.


Derinkuyu, Turki
iya, iya, aku tahu,, namanya lucu. tapi lucu-lucu gitu adalah kota bawah tanah terbesar bung!
dibawah kota kecil di wilayah Anatolia, Turki ini sudah ditempati sejak lebih dari satu milenium. penghuninya menghabisan hidup mereka dalam kegelapan bawah tanah, lengkap dengan segalanya mulai dari gudang anggur sampai kandang kuda.
Skala yang sesungguhnya dari Derinkuyu belum diketahui. terowongan-terowongan mengarah ke banyak ruang baru dan menghubungkan Derinkuyu ke kota bawah tanah lain yang sering ditemukan.
sejak derinkuyu ditemukan pertama kali pada tahun 1963, setidaknya sudah 8 lantai yang terungkap. para ahli memperkirakan mungkin masih ada 27 lantai lagi.
nah, kalau yang ini baru bener-bener kota bawah tanah, bukan kuburan bawah tanah. kehidupan manusia di bawah tanah itu memang ada kan?
jadi inget novel the tunnels nih.


Pendleton, Oregon
Selama abad ke-19, ribuan orang cina datang ke amrik untuk membangun jalur kereta api lintas benua. tapi ketika pekerjaan selesai, mereka mendapati diri mereka tidak diinginkan di kebanyakan kota. karena butuh tempat tinggal, orang cina itu membuat cina town sendiri, tapi dibawah kota. beberapa dari cina town bawah tanah, ada yang sudah terungkap, yaitu yang ada di bawah pendleton, Oregon, AS. tapi masih ada cina town bawah tanah lain yang masih misterius.

setelah tahu banyak kota bawah tanah seperti itu, apa kau membayangkan, apa ada kota bawah tanah di bawah tempatmu duduk sekarang?
adsense 336x280

0 Response to "Dunia Bawah Tanah"

Posting Komentar