Cara Mengenali Pembohong

23.16
adsense 336x280
CARA MENGENALI KEBOHONGAN


salah satu keahlian penting yang bisa kau pelajari adalah cara mengenali kebohongan. mengenali kebohongan tidak selalu mudah. Kau mungkin sudah tahu, orang yang punya kebiasaan berbohong sering kali ahli melakukannya. Tapi kalo kamu merasa sedang dikibuli, jangan katakan apa pun. perhatikan saja baik-baik. petunjuk berikut akan mengungkap jika ada orang yang berusaha membohongimu.

Dengarkan suaranya
pembohong adalah orang yang menyembunyikan sesuatu. Apa pun yang dia sembunyikan sangat mungkin hal itu membebani pikirannya. Akibatnya, pembohong harus bersikap tertutup. dia akan bicara lebih pelan dan memberi jeda sebelum menjawab. saat dia bicara gugup, suaranya mungkin mulai terdengar lebih tinggi. Saat menjawab, dia akan berhati-hati agar tidak memberi informasi yang spesifik dan mungkin mengatakan hal samar seperti, "Tidak mungkin aku membunuhnya. Hari itu aku sibuk."

Pelajari Wajahnya
kebanyakan orang merupakan aktor yang buruk. pembohong mungkin punya cerita yang meyakinkan, tapi jika dia tidak bisa mengendalikan wajahnya, dia akan mudah dikenali layaknya bintang opera sabun yang bermain dalam drama Shakespeare. Kalau kamu gak kenal Shakespeare, sini ku kenalin. tahu romeo & julietkan? nah, dia orang yang menciptakan cerita romeo & juliet dan jadi salah satu drama termasyur ciptaannya. oke, udah kenal kan? next.
orang yang berkata benar akan tertawa, mengerut, atau menangis di saat yang tempat. tapi pembohong mungkin harus memikirkannya dulu. dia bahkan mungkin berkonsentrasi terlalu keras pada apa yang harus dilakukan sehingga dia jarang berkedip dan kepalanya sering kaku tak bergerak.


Perhatikan Gerakannya
jika bicara tentang bahasa tubuh, maka ada dua macam jenis pembohong, tipe kikuk dan tipe pengendali. si kikuk tidak bisa duduk tenang. mereka bergerak-gerak di tempatnya, ngetukkan kakinya, atau bermain-main dengan perhiasannya. mereka juga sering menyentuh wajah mereka, misalnya menggosok hidung, menyusurkan jari-jari di rambut, atau menyapukan tangan di mulut.
si pengendali, sebaliknya. dia berusaha keras agar tidak tampak gugup. bisa jadi mereka sedikit sekali bergerak san menghindari bahasa tubuh. bahkan ada yang sampai menyilangkan tangan atau menduduki tangan mereka.


Arah Pandangan
orang yang berkata jujur akan menatap langsung mata lawan bicaranya dengan yakin dan tanpa rasa takut.
orang berkata bohong malah berusaha menghindari tatapan mata dan menundukkan wajahnya sebentar-sebentar saat bicara. beberapa ada yang arah pandangannya keluyuran kemana-mana. lihat atas, lihat bawah, kanan, kiri...
tapi pembohong profesional akan manatap mata korban kebohongannya secara langsung dan tanpa ragu-ragu. tapi tentu saja, tatapan mereka terlalu dibuat-buat dan tidak alami, tidak yakin, memaksa, dan sedikit melotot.
memang sulit membedakan mana pembohong ahli dengan yang jujur, tapi gabungkan ciri-ciri kebohongan lain agar mengenalinya.


nah, mungkin mudah mendeteksi pembohong buruk, tapi butuh ketelitian dan keahlian khusus. tapi jika kamu teliti, tidak ada yang namanya tidak bisa mengenali kebohongan.

semoga bermanfaat ;)

adsense 336x280

0 Response to "Cara Mengenali Pembohong"

Posting Komentar