Sejarah Hipnosis

17.42
adsense 336x280

Sejarah Hipnosis



Welcome agent, B)

Pada postingan kali ini, saya akan bercerita tentang sejarah hypnosis. Sepertinya anda ingin tahu seperti apa sejarahnya.

Pada zaman dahulu di peradaban padang pasir dengan piramida-piramida menjulang (baca : Mesir ), ada sebuah kuil yang digunakan untuk penyembuhan. Kuil ini disebut “Kuil tidur”. Kenapa disebut kuil tidur? Karena penyembuhan di sana dilakukan dengan cara membuatnya pasiennya tertidur. Beberapa dekade kemudian, ada seorang pendeta bernama Gassner dari swiss yang mengetahui cara penyembuhan dari kuil tidur itu. kemudian dia mempraktekannya suatu saat…

Dalam melakukan penyembuhan gassner awalnya melakukan ceramah sebentar pada pasiennya. Di tengah-tengah ceramah, dia memberikan pengarahan bahwa ketika ia memukulkan tongkat salibnya maka pasien jatuh lalu tertidur. Benar apa yang di katakan tadi ternyata terjadi lho ! Saat Gassner menyentuhkan tongkat salibnya maka terjadilah apa yang di katakan oleh Gassner tadi, Pasien benar-benar jatuh dan tertidur. Dan saat pasien tertidur ini Gassner menganggap pasien telah mati, setelah terbangun pasien di anggap sembuh dan setan yang merasukinya sudah keluar. Meski sangat primitive dan masih mengandung kepercayaan “setan-setan” –nan, metode gassner yang waktu memberi sugesti pukul tongkat salib itu memberikan referensi ilmu hypnosis pada generasi selanjutnya.

(summon Franz Anton Mesmer ) => dan datanglah anton Mesmer. Dia tidak lain dan tidak bukan adalah teman gassner sendiri. Dalam aksinya Mesmer menggunakan batang besi magnet yang nantinya di gosokan pada tubuh pasien yang membutuhkan, metode ini di dasari pemahaman Mesmer tentang adanya cairan dalam tubuh manusia yang mengalir dan bersifat universal. Dan jika ada sumbatan yang menutup aliran cairan ini pada tubuh manusia, maka hal yang terjadi adalah terganggunya kesehatan dalam Tubuh manusia. Sehingga perlu adanya pelepas sumbatan agar cairan tersebut lancar, maka metode yang di namai dengan “Mesmerism” itu di lakukan. Tidak heran, jika istilah hypnosis dulu adalah Mesmerism.
Banyak orang-orang lalu mendalami mesmerism seperti seperti Marquis de puysegur,John Elliotson,James Esdaile dan masih banyak lagi murid-murid mereka yang namanya belum di ketahui (kasihan sekali) sampai pada akhirnya seorang dokter dari persatuan dokter Inggris (British Medical Assosiation) bernama dr.James Braid yang penasaran tentang fenomena mesmerism akhirnya mencoba meneliti mesmerism, dan fakta tentang mesmerism dan di temukan ternyata mesmerism adalah suatu fenomena yang mengkondisikan kondisi fokus dan menciptakan rasa lelah pada mata (pada awalnya). Setelah mengalami berbagai percobaan, akhirnya hal tersebut membuat pasien memasuki suatu kondisi yang mirip tidur yang di namakan kondisi “Trance” (trens) dan Braid juga menggantikan nama mesmerism dengan nama “Hypnosis” yang di ambil dari bahasa Yunani artinya tidur. Bisa dibilang… manusia inilah pencetus nama hypnosis.

Meskipun menurut pendapat saya sendiri, istilah “Mesmer” lebih keren B)

Dalam perkembangannya, hypnosis sempat mengalami pasang surut karena belum meratanya penggunaan aplikasi hypnosis dalam kehidupan sehari-hari dan belum meratanya para pembelajar hypnosis di jaman tersebut, beberapa pakar seperti (Jean Martin  Charcot (Neurolog),Sigmund Freud , Carl Gustav Jung  yang ikut mempelajari (catatan : jung dan freud adalah para pelopor psikologi yang kepo)

hypnosis juga sempat membuat heboh dunia dengan pernyataan keras dan negatif sehingga sempat membuat hypnosis mundur bahkan hampir padam, namun ternyata pendapat tersebut tidak menghalangi para pakar selanjutnya yang lebih kreatif dan sangat luar biasa dalam mengembangkan hypnosis. Para pakar jaman berikutnya seperti Ormond Mc Gill yang di juluki The Dean American Hypnotist, Dave Elman yang mengembangkan hypnosis untuk kedokteran, dan Penemu Ericksonian Hypnosis Milton Hyland Erickson yang hingga sekarang tidak di ketahui kebenaran atau bentuk aslinya (karena Ericksonian yang saat ini di pelajari oleh para pakar adalah semacam copian dari bentuk aslinya) dan tentunya dunia perlu berterima kasih pada sosok John Grinder dan Richard Bandler sebagai penemu NLP (Neuro Lingustic Programing) yang banyak membantu dalam dunia hypnosis juga. Tokoh hipnotisnya keren-keren loh :’)

oke.. sampai situ dulu sejarah hypnosis. Terlalu singkat memang… ampuni saya /(^^)\ 

oh iya… sebelum itu saya mau menegaskan perbedaan hypnosis dan hipnotis. Jadi begini, Apa beda hipnotis dan hypnosis? Apakah kedua kata itu bermakna sama cuma beda kata dan pelafalan saja? Sebenarnya arti kedua kata itu hampir mepet-mepet B) . hypnosis adalah… (baca selengkapnya)

see you next post ^^
adsense 336x280

0 Response to "Sejarah Hipnosis"

Posting Komentar